Regional Economic Development

Monday, July 24, 2006

Regional Economic Development

Regional Economic Development atau Pengembangan Ekonomi Regional boleh dikatakan sebagai penyerta desentralisasi. Keleluasaan pemerintah dalam mengelola daerahnya di era otonomi tidak akan berarti apa-apa jika tak diisi dengan sebuah proses pembangunan ekonomi

Dengan adanya konsep pengembangan ekonomi regional ini, mau tidak mau pemerintah daerah masih kedalam sebuah era persaingan. Tak ada lagi sekedar mengandalkan slogan, daerah kita kaya dengan sumber daya alam dan tenaga kerja yang berlimpah. Apa yang selama ini acapkali menjadi slogan hanyalah sebuah potensi, yang akan menjadi sesuatu yang "mati" jika tak diolah. Untuk mengolah itulah dibutuhkan suatu investasi. Mengandalkan modal pemerintah daerah, melalui BUMD-BUMN? Nanti dulu...Selama ini sudah terbukti banyak gagalnya dan sarat dengan korupsi, belum lagi berhitung muatan politisnya.

Daerah kini harus lebih aktraktif bagi investasi. Jika tidak ia akan tertinggal. Tak harus berkecil hati dengan sumber daya alam yang terbatas. Dengan pilihan tepat memposisikan daerahnya sebagai sebuah kesatuan ekonomi, dengan visi yang jelas, suatu daerah tentunya akan berhasil maju.

1 Comments:

Blogger Aldhiana said...

Pak thamrin, tulisannya kok tidak dilanjutkan lagi..

6:38 AM  

Post a Comment

<< Home